Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

ORGANISASI DAN RUANG LINGKUPNYA

1. Pengertian Organisasi

Kata organisasi  berasal dari bahasa inggris  organization, yang bentuk infitifnya adalah to  organize. Kata tersebut berasal dari kata yunani yaitu oranon yang berarti  sebagian atau susunan dalam binatanagan atau tumbuh-tumbuhan yang dipergunakan untuk melakukan beberapa tugas khusus. Adapun organon diartikan sebagai ala, sedangkan to organize diberi arti menyusun atau mengatur  bagian-bagian yang berhubungan satu sama lain.

ORGANISASI DAN RUANG LINGKUPNYA

Organisasi merupakan sistem yang terpadu , yang didalamnya terdapat subsistem dari kompenen-komponen yang saling berhubungan. Dengan demikian dapat disimpulakan bahwa sekumpula yang bisa dikatan sebagao organisasi jika memenuhi empat unsur pokok yaitu:

2. Organisasi itu merupakan sistem 

  • Ada pola aktivitas
  • Ada sekelompok orang
  • Ada tujuan yang telah ditetapkan.

3. Sifat-Sifat Organisasi

  • Organisasi formal
  • Organisasi informal

4. Bentuk-Bentuk Organisasi

  • Organisasi garis (line organization)
  • Organisasi staf (staff organization)
  • Organisasi lini dan staf (line and staff)
  • Organisasi fungsional
  • Organisasi bentuk panitia

5. Prinsip-Prinsip Organisasi

  • Kesatuan komando
  • Pembagian kerja
  • Keseimbangan antara tugas, tanggung jawab, dan kekuasaan
  • Prinsip komunikasi
  • Kontinuitas/kesinambungan
  • Prinsip koordninasi
  • Saling asuh
  • Pelimpahan kekuasaan/delegasi
  • Pengamatan, pengawasan, dan pengecekan
  • Asas tahu diri
  • Kehayatan