Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PEMBAHASAN: Definisi Organisasi dan Pengorganisasian

A. Definisi Organisasi dan Pengorganisasian 

Secara konseptual ada dua batasan yang perlu dikemukakan, yakni istilah “organization” sebagai kata benda dan “organizing” (pengorganisasian) sebagai kata kerja, menunjukkan pada rangkaian aktivitas yang harus dilakukan secara sistematis.

Istilah organisasi memiliki dua arti umum, pertama, mengacu pada suatu lembaga (institution) atau kelompok fungsional, sebagai contoh kita mengacu pada perusahaan, badan pemerintah, rumah sakit, atau suatu perkumpulan olahraga. Arti kedua mengacu pada proses pengorganisasian, sebagai salah satu dari fungsi manajemen.

1. Definisi Organisasi

Menurut para ahli yang dikutip dari Wikipedia.org terdapat beberapa pengertian organisasi sebagai berikut:

  1. Stoner mengatakan bahwa organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui dimanamana orang-orang di bawah pengarahan atasan mengejar tujuan.
  2. James D. Mooney mengemukakan bahwa organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama (Ratna Wilis, 1996:56).
  3. Chester I. Bernard berpendapat bahwa organisasi adalah merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih (Horton, Paul B. dan Chester L. Hunt, 1984:89).
  4. Stephen P. Robbins (1994:4) menyatakan bahwa Organisasi adalah kesatuan (entity) social yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relative dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relative terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.

Dapat disimpulkan bahwa organisasi merupakan sekumpulan/sekelompok orang (dua atau lebih) yang secara formal dipersatukan untuk bekerjasama dengan pembagian atau alokasi tugas dan tanggung jawab tertentu dalam system koordinasi, kooperatif, dorongan-dorongan, dan pengaturan guna memudahkan pencapaian beberapa tujuan yang telah ditetapkan.


2. Definisi Pengorganisasian

Menurut para ahli yang dikutip dari nadiyyazummi.blogspot.com terdapat beberapa pengertian pengorganisasian sebagai berikut:
  1. Menurut G. R Terry: pengorganisasian berasal dari kata organism (organisme) yang merupakan sebuah enititas dengan bagian-bagian yang terintegrasi sedemikian rupa sehingga hubungan mereka satu sama lain dipengaruhi oleh hubungan mereka terhadap keseluruhan.
  2. Menurut Siagian (1983): Pengorganisasian adalah keseluruhan pengelompokan orang-orang, alat-alat, tugas, kewenangan dan tanggung jawab sedemikian rupa sehingga tercipta suatu organisasi yang dapat digerakkan sebagai suatu kegiatan kesatuan yang telah ditetapkan.
  3. T. Hani handoko(1999): sesuatu yang digambarkan sebagai sesuatu yang tersentralisasi dan berisi tugas-tugas yang sangat terspesialisasikan.
  4. Kamus lengkap bahasa Indonesia: Pengorganisasian adalah merupakan kegiatan merancang dan merumuskan struktur.
Dapat disimpulkan bahwa pengorganisasian adalah langkah untuk merancang struktur formal, menetapkan, menggolongkan dan mengatur bebagai macam kegiatan, menetapkan tugas-tugas pokok, wewenang dan pendelegasian wewenang oleh pimpinan kepada staf dalam rangka mencapai tujuan organisasi dengan efisien.