Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kepemimpinan vs Manajemen

Banyak orang yang dengan cepat berasumsi bahwa menjadi pemimpin yang baik berarti Anda adalah manajer yang baik dan sebaliknya.
Kedua konsep ini sebenarnya cukup berbeda dan sangat penting untuk memahami bahwa perbedaan dapat membantu Anda memahami apa artinya menjadi baik pada baik atau baik di keduanya.

Apa karakteristik utama manajemen?

Dari perspektif yang luas, manajemen adalah skala yang lebih kecil dan lebih terfokus pada rincian dari kepemimpinan. Pemimpin menetapkan visi dan rencana yang luas, manajer mengeksekusi dan melakukan apa yang dibutuhkan untuk mencapai rencana itu. Karakteristik utama dari manajemen adalah:

Sebuah fokus taktis pada aspek strategi organisasi

  • Mengeksekusi pada area tertentu dalam tanggung jawab mereka
  • Merumuskan dan menegakkan kebijakan bisnis untuk mencapai tujuannya
  • Mengarahkan dan mengawasi tim mereka untuk mencapai tujuan spesifik mereka
  • Manajemen dan penahanan risiko dalam suatu organisasi
  • Fokus jangka pendek dengan memperhatikan rincian


Apa karakteristik utama kepemimpinan?

Kepemimpinan adalah menetapkan nada sebuah organisasi, tujuan yang luas dan tujuan jangka panjang yang akan datang dari pemimpin, dan kemudian Manajer harus mengeksekusi pada rencana untuk mencapainya. Kepemimpinan tidak selalu terjebak dalam semua rincian tetapi lebih menetapkan rencana dan menginspirasi orang untuk mengikuti mereka. Karakteristik utama kepemimpinan adalah:

Fokus strategis pada kebutuhan organisasi

  • Menetapkan tujuan dan arah strategis
  • Menetapkan asas
  • Memberdayakan dan membimbing tim untuk memimpin mereka ke tujuan mereka
  • Keterlibatan risiko dan identifikasi keseluruhan
  • Jangka panjang, fokus tingkat tinggi


Manakah yang lebih penting?

Setiap organisasi atau bisnis membutuhkan orang yang baik di kepemimpinan dan manajemen jika mereka ingin berhasil. Dengan manajemen yang baik dan kepemimpinan yang buruk mereka tidak akan dapat mengeksekusi semuanya dengan sangat baik, tetapi akan melakukannya tanpa arah yang konsisten dan strategi secara keseluruhan. Dengan kepemimpinan yang baik dan manajemen yang buruk, sebuah perusahaan akan memiliki tujuan dan inspirasi untuk berhasil, tapi tidak ada yang bisa mengeksekusi rencana bagaimana menuju ke sana.

Penekanan harus ditempatkan sama di kedua daerah jika organisasi ingin berkembang.

Dapatkah Seseorang Melakukan keduanya?

Pemimpin yang baik dan manajer yang baik tidak sering orang yang sama, beberapa orang yang berprestasi di kedua cenderung sangat sukses dalam mencapai tujuan mereka. Manajemen dan keterampilan kepemimpinan dalam beberapa hal sangat berlawanan satu sama lain, pendek vs jangka panjang, gambaran besar vs detail berorientasi, dll Ini bisa sangat sulit bagi satu untuk membagi waktu mereka antara dua dan unggul pada keduanya. Seringkali organisasi yang berhasil memiliki campuran individu, beberapa yang unggul dalam kepemimpinan dan beberapa yang unggul dalam manajemen.

Sementara itu baik bagi siapa saja untuk memahami dengan jelas yang mereka unggul di lebih, menyadari karakteristik lain adalah penting. Hanya mengetahui apa yang diperlukan untuk menjadi pemimpin yang baik dapat membuat Anda lebih sadar akan diri sendiri bahkan jika Anda tahu Anda cenderung menjadi manajer yang sangat baik. Memahami perbedaan antara kepemimpinan dan. Management dapat memastikan Anda melihat di mana Anda dapat meningkatkan dan apa lagi yang harus Anda pikirkan, dan tidak menganggap Anda hanya sangat baik di kedua. Akhirnya ini dapat membuat Anda baik pemimpin yang lebih baik dan manajer yang lebih baik.

Disadur dari businessdictionary.com/article/1024/leadership-vs-management-d1412/