Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Motivasi dan Semangat Dalam Organisasi

Mahasiswa adalah pemuda yang mempunyai peran besar dalam menentukan arah perbaikan bangsa ini. Sebagai manusia yang lebih tercerahkan (enlightenment people) dibandingkan kelompok masyarakat lainnya, mahasiswa seharusnya mempunyai kepekaan dan kepedulian terhadap kondisi di sekelilingnya. Kepekaan dan kepedulian terhadap kondisi sekelilingnya ini harus berdasarkan suatu pemahaman atau pengetahuan yang nantinya dapat mendasari mahasiswa dalam bergerak. Mahasiswa sebagai elemen masyarakat yang mempunyai kekuatan untuk memperbaiki dan memperbarui kondisi masyarakat, bangsa, dan negara, haruslah mempunyai kapasitas diatas rata-rata mayoritas masyarakat kita. Mahasiswa harus mempunyai pemahaman keilmuaan yang holistik, artinya berpengatahuan luas.

Namun tidak cukup sebatas berpengetahuan luas saja, melainkan harus mempunyai kemampuan (skill), visi, karakter, jauh lebih maju dibandingkan kebanyakan masyarakat pada saat ini.
Karena itu, mahasiswa harus sadar akan tanggung jawab dan konsekuensi moralnya ini, sehingga kaum intelektual ini harus berlomba-lomba untuk berprestasi: mempunyai pencapaian diatas rata-rata kebanyakan manusia dengan kelebihan masing-masing. Tumbuhnya semangat maju dan berprestasi, berdasarkan fakta dan banyak pengalaman, bermula dari organisasi mahasiswa. Organisasi mahasiswa menjadi bagian vital dalam dunia akademik kampus yang membantu perguruan tinggi mencetak intelektual muda unggul.

Organisasi merupakan suatu alat yang di gunakan sebagai wadah berpikir serta bekeja dalam pencapaian tujuan bersama yang sudah di sepakati. Didalam penerapan berorganisasi sering terjadi anomali anomali yang berakibat terhambatnya pencapaian tujuan yang di kehendaki oleh anggota yang merujuk kepada pedoman organiasi masing masing. Dengan keadaan yang terjadi perlu adanya formulasi kekinian dalam menjawab tantangan organisasi sehingga pencapaian organisasi sesuai dengan yang di harapkan.

Dewasa ini organisasi  cenderung jarang di minati oleh kalangan pemuda di indonesia dan lebih terkhusus lagi dalam kalangan mahasiswa. Suatu permasalah yang klasik yang mesti harus di selesaikan, Untuk menyelesaikan permaasalahan tersebut perlu adannya identifikasi/inventarisir isu (tabulasi isu) permasalahan yang melandasi timbulnya permasalahan tersebut sehingga kita mampu merumuskan formulasi yang tepat yang menjadi landasan pencapaian tujuan organisasi. Sudah bisa dikatakan hal apa yang melatar belakangi permasalahan yang timbul di sebabkan karena Motivasi dan semangat di dalam berorganisasi masih kurang tertanam di dalam kalangan mahasiswa.  Di dalam teks ini sedikit akan  di jabarkan mengenai Motivasi dan semangat Berorganisasi Untuk sedikit memahami Motivasi dan Semangat dalam  berorganisasi.

Untuk mencoba menjabarkan Motivasi serta semangat Berorganisasi maka  timbul suatu pertanyaan sepele dan mesti serta harus setiap orang terkhusus mahasiswa untuk menjawab pertanyaan tersebut, pertanyaan yang kira kira berbunyi seperti ini:

Adakah seseorang luput dari kehidupan organisasi?

Motivasi Dan semangat dalam berorganisasi
Motivasi dan Semangat Dalam Organisasi


Motivasi Dan semangat dalam Berorganisasi

Motivasi adalah proses yang menjelaskan intensitas, arah, dan ketekunan seorang individu untuk mencapai tujuannya. Tiga elemen utama dalam definisi ini diantaranya adalah intensitas, arah, dan ketekunan.

Berdasarkan teori hierarki kebutuhan Abraham Maslow, teori X dan Y Douglas McGregor maupun teori motivasi kontemporer, arti motivasi adalah alasan yang mendasari sebuah perbuatan yang dilakukan oleh seorang individu. Seseorang dikatakan memiliki motivasi tinggi dapat diartikan orang tersebut memiliki alasan yang sangat kuat untuk mencapai apa yang diinginkannya dengan mengerjakan pekerjaannya yang sekarang.

Semangat  adalah sebuah kondisi psikologis kejiwaan yang dapat berperan sebagai motor penggerak dalam melakukan suatu aktifitas. Tanpa adanya semangat atau dorongan atas sebuah keinginan hanya akan tinggal keinginan tanpa akan menjadi kenyataan. Motoivasi merupakan ruh sebuah aktifitas.
Motivasi dan semagat organisasi merupakan suatu dorongan kejiwan yang bertujuan dalam pencapaian tujuan yang di harapkan.

Ketika Motivasi dan semangat dikaitkan dalam Konteks organisasi maka definisi akan motivasi dan semangat secara individu akan mengarah sebagai suatu potensi yang  terlahir dari dalam diri individu untuk mengarah kedalam konteks berorganisasi. Motivasi dan semagat organisasi merupakan suatu dorongan kejiwan yang bertujuan dalam pencapaian tujuan yang di harapkan.

Tujuan motivasi dan semangat organisasi

Tujuan dari motivasi organisasi agar mampu mendorong individu memiliki semangat dalam berorganisasi, karena perlu kita sadari bahwa manusia tidak pernah luput dari kehidupan baik berorganisasi dalam skala kecil maupun sekala yang lebih besar, baik organisasi sekolah, kampus, ekternal kampus, LSM, OKP, Organisasi Nasional bahkan dunia.

Langkah langka motivasi dan semangat

Ada beberapa cara yang dapat kita pakai untuk menumbuhkan motivasi diri yang kuat pada diri kita, antara lain :
1. Mempunyai cita-cita/keinginan terhadap sesuatu
2. Ada target yang ingin di capai
3. Membuka komiunikasi dan interaksi yang luas.

Kepercayaan pada diri sendiri harus kita bangun sebagai bagian dari pencitraan diri yang harus kita miliki. Sudah tentu kepercayaan pada diri sendiri harus ditempatkan secara proporsional, sehingga justru tidak berdampak negatif. Percaya diri yang terlalu berlebihan akan melahirkan kesombongan yang pada akhirnya akan berdampak kontraproduktif.

Untuk mencapai kepercayaan pada diri sendiri yang produktif, diperlukan kondisi-kondisi tertentu sebagai prasyarat dasar, yaitu :
1.   Memiliki tingkat pengatahuan yang cukup tinggi dan dapat diandalkan.
2.   Melihat kelebihan sebagai anugrah dan Kekurangan sebagai kenyataan.
3.   Memiliki mentalitas yang kuat dan tidak gampang menyerah.
4.   Memahami bahwa pada hakekatnya semua manusia mempunyai derajat, hak dan kewajiban yang sama.

Oleh    : Asuan Toni 
Link:http://kumpulanmateriorganisasi.blogspot.co.id/2015/01/motivasi-dan-semangat-dalam-organisasi.html