6/30/2012

Jiwa Kepemimpinan itu Bakat? atau...?

Hampir sebagian besar orang beranggapan bahwa sifat kepemimpinan itu sudah ada dari dalam diri yang merupakan bakat dan sudah terbentuk sehingga membutuhkan wadah yang baik dan tepat untuk dapat mengekspresikan jiwa kepemimpinan tersebut. Anggapan tersebut ternyata salah, ternyata jiwa kepemimpinan tersebut dapat dibentuk sendiri oleh manusia tanpa peduli apakah orang tersebut sudah berbakat dari lahir atau tidak. Menurut Ordway Tead, bahwa timbulnya seorang pemimpin, karena Membentuk diri sendiri, dipilih oleh golongan dan ditunjuk dari atas, artinya ia menjadi pemimpin karena dipercaya dan disetujui oleh pihak atasannya.
Dengan adanya pengertian tersebut tidak dapat dipungkiri bahwa kepemimpinan tidak mutlak hanya disebabkan oleh adanya bakat dari keterunan saja. Tiap manusia yang dilahirkan ke dunia mempunyai kesempatan untuk menjadi pemimpin.

Pengertian kepemimpinan itu sendiri adalah
Robbins (1996)                  : kemampuan mempengaruhi suatu kelompok ke arah pencapaian tujuan.
Gemmil dan Oakley (1992)  :  kepemimpinan adalah sebuah proses kerjasama antara anggota organisasi dalam merumuskan metode   baru untuk meningkatkan kualitas organisasi.
Psikologi dan jiwa kepemimpinan memiliki hubungan dan keterkaitan yang besar, sebagian besar pengekspresian jiwa yang ada didalam diri merupakan karekteristik kepribadian kita, hal ini dapat dilihat dari sikap atau respon kita dalam menghadapi masalah, bagaimana menyelesaikan masalah dengan baik dsb.
Seseorang yang memiliki jiwa kepemimpinan yang baik akan terlihat dari kondisi psikologi dan fisiknya, yaitu:
  1. Terus belajar : Pemimpin yang berprinsip menganggap hidupnya sebagai proses belajar yang tiada henti untuk mengembangkan lingkaran pengetahuan mereka
  2. Berorientasi pada pelayanan : Pemimpin yang berprinsip melihat kehidupan ini sebagai misi, bukan karir.  Ukuran keberhasilannya adalah bagaimana bisa menolong dan melayani orang.
  3. Memancarkan energi positif : Secara fisik pemimpin yang berprinsip memiliki mimik yang menyenangkan dan bahagia. Mereka optimis, positif bergairah, antusias,dan penuh harap. Mereka memancarkan energi positif yang mempengaruhi orang-orang di sekitarnya.
  4. Mempercayai orang lain : Pemimpin yang berprinsip mempercayai orang lain. Mereka yakin orang lain mempunyai potensi yang tak tampak. Namun tidak bereaksi secara berlebihan terhadap kelemahan-kelemahan manusiawi. Mereka tidak merasa hebat saat menemukan kelemahan orang lain. Ini membuat mereka tidak menjadi naif.
  5. Hidup seimbang : Pemimpin yang berprinsip bukan ekstrimis. ereka sadar dan penuh pertimbangan dalam tindakan. Ini membuat diri mereka seimbang, tidak berlebihan, mampu menguasai diri, dan bijak.
  6. Melihat hidup sebagi sebuah petualangan : Pemimpin yang berprinsip menikmati hidup. Mereka melihat hidup ini selalu sebagai sesuatu yang baru. Mereka siap menghadapinya karena rasa aman mereka datang dari dalam diri, bukan luar. Mereka menjadi penuh kehendak, inisiatif, kreatif, berani, dinamis dan cerdik.
  7. Sinergistik : Pemimpin yang berprinsip itu sinergistik. Mereka adalah katalis perubahan. Setiap situasi yang dimasukinya selalu diupayakan menjadi lebih baik. Karena itu, mereka produktif dalam cara baru dan kreatif.
Tidak dapat dipungkiri bahwa memang jiwa kepemimpinan merupakan bakat sejak lahir tetapi jiwa kepemimpinan juga dapat dibentuk. Jadi tidak ada alasan bagi kita untuk pesimis dan berkata bahwa kepimpinan hanya dimiliki untuk orang yang telah berbakat sejak dahulu. Jiwa kepemimpinan dapat dibentuk karena adanya dukungan-dukungan baik dari dalam dan luar, yaitu adanya kemauan untuk menjadi pemimpin, adanya keberanian untuk berpendapat, adanya keberanian untuk mensosialisasikan diri dengan lingkungan,adanya keberanian untuk menerima pendapat dari orang lain dan yang paling penting adalah adanya kesempatan baik waktu dan keinginan untuk mewujudkan semua itu.
Walaupun untuk menciptakan jiwa kepemimpinan tersebut membutuhkan waktu yang lama, tetapi jika ada keinginan maka jiwa tersebut akan muncul.


Sumber : Harian Ekonomi NERACA
Share:

Waaaw !!! Organisasi Bersenjata Internasional, seragamnya dibuat di buat di SOLO


 Foto: indonesiaproud.wordpress.com

Ya, seragam pasukan bersenjata internasional NATO yang gencar melakukan serangan di negara-negara Timur Tengah tersebut memang dibuat di Solo. Lalu apa sebenarnya NATO itu? NATO juga disebut Pakta Pertahanan Atlantik Utara (North Atlantic Treaty Organization atau disingkat NATO) adalah sebuah organisasi internasional untuk keamanan bersama yang didirikan pada tahun 1949, sebagai bentuk dukungan terhadap Persetujuan Atlantik Utara yang ditanda tangani di Washington, DC pada 4 April 1949.

Kabarnya, pasukan ini telah banyak menyimpang dari niat awal dibentuk untuk tujuan perdamaian, dan justru mendukung Amerika dalam perang-perangnya akhir-akhir ini. Kebenarannya, siapa yang tahu? Tapi seandainya NATO memang hanya bertujuan untuk perdamaian dunia, maka Indonesia patut berbangga diri karena mereka membutuhkan seragam dari negara kita.

Foto: fashionvillage.co.id

Seragam serdadu NATO diproduksi oleh PT. Sritex di Sukoharjo yang berbatasan langsung dengan Kota Solo. Perusahaan tekstil ini juga membuat butik fashion sendiri dengan nama Fashion Village. Menjadi salah satu pengusaha sukses di Kota Solo, H. Lukminto selaku pemilik perusahaan ini juga membangun beberapa properti di Kota Solo seperti Diamond Hotel, Diamond Cafe, Diamond Solo Convention Center, GOR Sritex, dan Solo Center Point.

Sumber :  Chez-space.blogspot.com
Share:

Ada organisasi PETA yang ke 2 ?

PETA2Pic

Tunggu dulu !!! Ini bukan organisasi yang didirikan ketika jaman pejajahan Jepang dahulu. Tapi ini adalah PETA (People for the Ethical Treatment of Animals). Sebuah organisasi internasional Animal Rights (yang sangat menentang segala bentuk produk dengan menggunakan binatang sebagai subjek mereka). Baik itu pakaian, makanan, kosmetik, dan lainnya. Pokoknya yang berkaitan dengan binatang. Bisa dibilang organisasi ini sangat vokal dalam menyuarakan protes mereka dengan menggunakan berbagai media sebagai bentuk propaganda. Dari yang kecil sampai yang besar (media-red), dan mereka tidak main-main dengan gerakan mereka. Intinya organisasi ini hanya ingin hewan-hewan tersebut tidak disakiti, karena seperti yang kita tahu banyak produk-produk yang menggunakan hewan sebagai alat uji coba.

PETA sebenarnya sudah berdiri sejak tahun 1980, tetapi organisasi ini ingin menyebarluaskan isu Animal Rights Family mereka, maka pada musim panas tahun 2002 didirikanlah PETA2. PETA2 didirikan bersamaan dengan event Vans Warped Tour (www.peta2.com)

Organisasi ini seperti banyaknya organisasi-organisasi lingkungan lainnya yang kurang mendapat dukungan dari pemerintah. But that's not the end of their efforts, PETA2 memberdayakan beberapa artist dan musisi sebagai media propaganda mereka. Dan itu terbukti cukup efektif. Melalui media musik/band pesan yang coba disampaikan oleh PETA2 dapat lebih massive karena fanbase dari band-band tersebut memiliki jumlah yang cukup besar dan loyal. Rise Against misalnya, mereka aktif membantu PETA2, dan FYI mereka semua ternyata adalah seorang vegetarian. Kemudian ada Pete Wentz (Fall Out Boy) yang juga sangat mendukung gerakan ini, Taking Back Sunday, Saves The Day, Andi Suarez (Cobra Starship), Silverstein, Lifetime!, Ladytron dan masih banyak lagi.

Sulit memang jika dihadapkan pada pilihan untuk tidak mengkonsumsi daging-daging hewan yang kita santap setiap hari demi mendukung keselamatan hewan. Tapi masih banyak hal yang dapat Forfriend lakukan untuk menjaga fauna, setidaknya dengan menjaga hewan peliharaan kamu agar tetap sehat atau berhentilah berburu hewan-hewan langka dan dilindungi. Yups, mulailah dari hal-hal yang kecil, friends.

Sumber : http://formagz.com/for-profile/peta2-respect-the-animal-rights
Share:

BLOK BANGUNAN DALAM KOMPONEN SISTEM INFORMASI


mestinya kita pahami sedetail mungkin Perangkat komputer sebelunya saya juga posting sistem interkoneksi sistem bus serta organisasi komputer adan juga postingan service power supply sebelumnya anda mesti harus memahami konsep dasar sistem informasi akan tetapi tidak apa anda nantinya juga akan mengarah kesini juga koq

Konsep Dasar Sistem Informasi
Informasi merupakan hal yang sangat penting bagi manajemen di dalam pengambilan keputusan.

Definisi sistem informasi adalah :
Suatu sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.

Definisi lain sistem informasi adalah :
Kerangka kerja yang mengkoordinasikan sumber daya (manusia dan komputer) untuk mengubah masukan (input) menjadi keluaran (informasi) guna mencapai sasaran-sasaran perusahaan.

Komponen Sistem Informasi
Komponen sistem informasi yang disebut blok bangunan yaitu : blok masukan, blok model, blok keluaran, blok teknologi, blok basis data dan blok kendali. Keenam blok tersebut saling berinteraksi satu dengan yang lainnya membentuk satu kesatuan untuk mencapai sasarannya.

Blok Masukan
Mewakili data yang masuk ke dalam sistem informasi, termasuk metode dan media untuk memperoleh data yang akan dimasukkan, yang dapat berupa dokumen dasar.

Blok Model
Terdiri dari kombinasi prosedur, logika dan model matematik yang akan memanipulasi/mentranspormasi data masukan dan data yang tersimpan dalam basis data untuk menghasilkan keluaran yang diinginkan.

Blok Keluaran
Produk dari sistem informasi adalah keluaran berupa informasi yang berkualitas.


Blok Teknologi
Merupakan kotak alat (tool-box) dalam sistem informasi. Teknologi terdiri dari 3 bagian utama yaitu teknisi(brainware), perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware). Teknisi dapat berupa orang-orang yang mengetahui teknologi dan membuatnya beroperasi (operator komputer, pemrogram, operator pengolah data, spesialis telekomunikasi, analis sistem). Teknologi perangkat lunak berupa aplikasi-aplikasi perangkat lunak (program). Teknologi perangkat keras berupa teknologi masukan (semua perangkat yang digunakan untuk menangkap data seperti : keyboard, scanner, barcode), teknologi keluaran (perangkat yang dapat menyajikan informasi yang dihasilkan seperti : monitor, printer), teknologi pemroses (komponen CPU), teknologi penyimpanan (semua peralatan yang digunakan untuk menyimpan data seperti : magnetik tape, magnetik disk, CD) dan teknologi telekomunikasi (teknologi yang memungkinkan hubungan jarak jauh seperti internet dan ATM)

Blok Basis Data

merupakan kumpulan dari file data yang saling berhubungan yang diorganisasi sedemikian rupa agar dapat diakses dengan mudah dan cepat.

Blok Kendali
Pengendalian perlu dirancang dan diterapkan untuk menyakinkan bahwa hal-hal yang dapat merusak sistem dapat dicegah atau bila terlanjur terjadi kesalahan dapat langsung diatasi. 
 
Sumber :
Share: