Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

MANAJEMEN


Manajemen adalah sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran (goals) secara efektif dan efesien (Ricky W. Griffin).

Manajemen biasanya dikelompokkan menjadi 3 tingkat:
  1. Operasional yaitu level paling bawah, contoh: supervisor
  2. Menengah/Middle, contoh: department head, division head
  3. Puncak (Eksekutif)/Top, contoh: presiden direktur
Fungsi manajemen antara lain:
  • Perencanaan yaitu rancangan program operasional secara terinci, penentuan tujuan, dan cara penggunaan sumber daya untuk mencapai tujuan tersebut.
  • Pengorganisasian yaitu menetapkan kerangka kerja dimana aktivitas-aktivitas tersebut dilakukan.
  • Pengendalian yaitu usaha sistematis manajemen untuk mencapai tujuan.
  • Controling yaitu menejer eksekutif yang bertanggung jawab atas fungsi akuntansi.

Management Accounting (Akuntansi Manajemen) adalah mengukur dan melaporkan informasi financial dan non-financial yang akan digunakan oleh manajer untuk membuat keputusan dalam rangka pencapain tujuan organisasi.

Financial Accounting (Akuntansi Keuangan) adalah mengukur dan melaporkan business transactions dan menyiapkan financial statements yang terutama ditujukan untuk pihak eksternal dan disusun berdasarkan GAAP.

Cost Accounting (Akuntansi Biaya) adalah menyediakan informasi untuk management accounting dan financial accounting dengan cara mengukur dan melaporkan informasi financial dan non-financial yang terkait dengan cost of acquiring and utilizing resources dalam organisasi.